Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian adalah apakah kecerdasan emosional siswa berhubungan dengan kedisiplinan belajar di SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 48 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefsien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara parsial Kecerdasan Emosional (X) memiliki korelasi pada kategori cukup tinggi dengan Kedisiplinan Belajar (Y) dengan nilai r 0,716 dan memiliki hubungan yang signifikan karena > yaitu 6,959>2,013. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang erat antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 050607 Balai Kasih Tahun Ajaran 2016/2017.