MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI 101799 DELI TUA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu materi pokok bahasan perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101799 Delitua yang berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa observasi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terdapat hasil belajar siswa tergolong rendah, dari jumlah 31 siswa pada mata pelajaran IPS perolehan hasil nilai pre tes (tindakan awal) terdapat 6 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 19.36% dan belum tuntas 25 siswa dengan persentase 80.64% dengan nilai rata-rata klasikal siswa sebesar 50.48. peneliti menindaklanjuti pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS perolehan hasil siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 45.16% dan belum tuntas terdapat 17 siswa dengan persentase 54.84% dengan nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 66.30. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan atau belum mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal yang baik, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II perolehan hasil belajar meningkat menjadi 29 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 93.55% dan belum tuntas 2 siswa dengan persentase 6.45% dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 79.83. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 101799 Delitua T.A 2016/2017