Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas V SDN 060934 Medan Johor T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060934 Medan Johor yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 14 laki – laki. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 siswa diperoleh tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa sebanyak 8 siswa (26,67%) mampu dan 22 siswa (73,33%) dinyatakan belum mampu, dengan rata – rata 56,16. Pada siklus I sebanyak 20 siswa (69,66%) mampu dan 10 siswa (33,33) belum mampu dengan rata – rata 69,66. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (86,66%) mampu dan 4 siswa (14,33%) belum mampu dengan rata – rata nilai 80,83. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan model SQ4R,siklus I Pertemuan pertama 1,71 dan pertemuan kedua 2,28, Siklus II pertemuan pertama 2,57 dan kedua 3,14. Sedangkan hasil observasi guru saat mengajar Siklus I pertemuan pertama hanya 2,1 dan pertemuan kedua 2,6. Pada siklus II pertemuan pertama 3,1 dan pertemuan kedua 3,4. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 060934 Medan Johor T.A 2016/2017.