Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya etika sosial dan sikap belajar anak nelayan di SD Negeri 152980 hajoran kecamatan pandan kabupaten tapanuli tengah. Penelitian ini bertujuan memperoleh data untuk mengetahui gambaran etika sosial dan sikap belajar anak nelayan di SD Negeri 152980 hajoran kecamatan pandan kabupaten tapanuli tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey dengan sampel penelitian sebanyak 25 orang yang berasal dari kelas V SD Negeri 152980 hajoran kecamatan pandan kabupaten tapanuli tengah. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui survey dengan memakai angket, dan Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data persentase (deskriptif persentase). Dalam penelitian ini diperoleh data kriteria baik, yaitu etika sosial siswa dalam keluarga, etika sosial dalam sekolah dan etika sosial dalam bermasyarakat. Dan sikap belajar diperoleh data kognitif dan afektif memiliki kriteria baik dan psikomotorik dan aktivitas belajar di sekolah dan aktivitas belajar di rumah diperoleh data dengan kriteria cukup