Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS. Hipotesis yang diajukan adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif, dengan menggunakan pendekatan koresional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, diperoleh hanya terdapat sebanyak 21 orang siswa (70%) siswa yang tergolong baik dalam melakukan debat dan observasi diperoleh bahwa 7 orang siswa (23,3%) yang berada dalam skor rata-rata; 11 orang siswa (37%) berada di bawah skor rata-rata; dan 12 orang siswa (40%) berada di atas skor rata-rata. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang yaitu siswa kelas V-C SD Negeri 101765 Bandar Setia . Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu siswa kelas V-C SD Negeri 101765 Bandar Setia, dengan mengambil seluruh jumlah populasi karena jumlah sampel yang kurang dari 100 orang, dengan kata lain disebut sampel jenuh (Total Sampling). Selanjutnya hasil analisis data dengan uji korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,501 dengan rtabel = 0,374 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian 0,501 > 0,374 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel, maka penggunaan model pembelajaran debat memiliki hubungan yang positif dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS. Untuk mengetahui signifikansi hubungan penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS digunakan rumus uji t. Dari uji t tersebut diperoleh thitung = 3,065 dengan ttabel = 1,701 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian 3,065 > 1,701 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel, sehingga hubungan antara variabel x dan y dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran debat dengan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia “dapat diterima”. Dimana semakin tinggi penggunaan model pembelajaran debat maka semakin tinggi keterampilan berbicara siswa yang diperoleh.