PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR POLA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar dasar pola menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan media hand out pada siswa kelas X TB2 di SMK Negeri 1 Stabat. (2) Mengetahui hasil belajar dasar pola menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan media hand out pada siswa kelas X TB1 di SMK Negeri 1 Stabat. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran langsung berbantuan media hand out terhadap hasil belajar dasar pola pada siswa kelas X TB2 di SMK Negeri 1 Stabat. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana yang berjumlah 70 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari dua variabel, yaitu hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan Media Hand out (X1), dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan Media hand out (X2). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan Media hand out diperoleh hasil belajar siswa cenderung tinggi sebesar 77 % sedangkan pada kelas kontrol dengan menerapan model pembelajaran konvensional berbantuan media hand out diperoleh hasil belajar siswa cenderung kurang sebesar 94%. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen normal karena 0,04 < 0,157 dan kelas kontrol berdistribusi normal karena 0,06 < 0,157. Kedua varians data adalah homogen karena 0,1 < 1,74. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (20,05 > 1,66), yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tinggi pada hasil belajar pembuatan pola dasar badan atas dengan teknik draping dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan media hand out pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat.