PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments TGT Siswa Kelas X SMK Putra Anda Binjai Tahun Pembelajaran 20162017. Jenis penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMK Putra Anda Binjai yang berjumlah 138 orang. Sempel dalam penilitian ini adalah X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 0rang, kelas X3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, Varians, Menghitung uji normalitas mengunakan uji liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukan thitung>ttabel pada α = 0,05. Hasil penelitian dilihat dari nilai tes akhir ( Post Test ) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 82,50 dengan standar deiviasi 10,31 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 65,00 dan standar deiviasi 9,12. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung = 7.40 dan ttabel 1,9 (7.40>1,9) yang berarti hipotesis penilitian dapat diterima. Hasil menyimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa menggunakan model Teams Games Tournament dan siswa mengunakan model Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi menggunakan Alat Ukur Kelas X di SMK Putra Anda Binjai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional.