Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar teori pengurutan kulit kepala dan rambut dalam proses creambath dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar. (2) Mengetahui hasil belajar teori pengurutan kulit kepala dan rambut dalam proses creambath dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 32 orang siswa untuk kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dan 32 orang siswa untuk kelas control dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dengan uji persyaratan analisis normalitas dan homogenitas data. Hasil uji normalitas data pretes eksperimen diperoleh L_o=0,0978. Uji normalitas data postes eksperimen diperoleh L_o=0,0602. Uji normalitas data pretes kontrol diperoleh L_o=0,0892. Uji normalitas data postes eksperimen diperoleh L_o=0,0820. Dari table liliefor diperoleh L_tabel=0,1566 sehingga untuk semua data diperoleh bahwa L_o<L_tabel maka dapat disimpulkan bahwa semua data terdistribusi secara normal. Dari hasil uji homogenitas data pretes diperoleh F_hitung=1,04<F_tabel=1,82 maka dapat disimpulkan data pretes adalah homogen. Uji homogenitas data postes diperoleh F_hitung=1,41<F_tabel=1,82 maka data postes adalah homogen. Untuk perhitungan tingkat kecenderungan hasil belajar perawatan kulit kepala dan rambut (Pengurutan kulit kepala dan rambut) dengan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar berada pada kategori tinggi. Tingkat kecenderungan hasil belajar perawatan kulit kepala dan rambut (Pengurutan kulit kepala dan rambut) dengan strategi pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar terhadap hasil belajar perawatan kulit kepala dan rambut (Pengurutan kulit kepala dan rambut) dimana pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=5,15 dan t_(1-1/2 α)=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 5,15>2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar terhadap hasil belajar perawatan kulit kepala dan rambut (pengurutan kulit kepala dan rambut)