Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar IPA dan keterampilan proses sainssiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak. Jenis penelitian ini adalahPre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi keterampilan proses sains. Instrumen sudah valid dan reliabel dengan rhitunglebih besar rtabel. Analisis data menggunakan uji-t, karena data sudah memenuhi prasyarat analisis data yaitu normal dan homogen dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai α. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak; dan (2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak.