PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang apakah ada “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Swasta Eria Medan T.P 2016/2017”. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Eria Medan, Kelas XI AP dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 24.0. Teknik analisa data dapat dilakukan dengan program SPSS versi 24.0 diperoleh garis persamaan garis linier Y’ = 17,800+ 0,539X1 + 0,332X2. Untuk mengetahui apakah hipotesis nomor 1 dan 2 berpengaruh maka digunakan uji t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dari hasil tersebut diperoleh untuk variabel Motivasi Belajar (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) diperoleh thitung>ttabel (3,653>1,677) dan Sig. probabilitas 0,001<0,05, hal ini berarti bahwa hipotesis 1 diterima yang menjelaskan bahwa variabel Motivasi Belajar (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) dan untuk Fasilitas Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) diperoleh thitung>ttabel (2,869>1,677) dan Sig. probabilitas 0,006<0,05, hal ini berarti bahwa hipotesis 2 diterima yang menjelaskan bahwa variabel Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). Untuk mengetahui apakah hipotesis 3 berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh fhitung > ftabel (9,594>3,20) Sig. probabilitas 0,000<0,005, hal ini berarti hipotesis 3 diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Motivasi Belajar (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.