Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan di SD No. 101801 Deli Tua dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar dengan menerapkan media elektronik di kelas V SDN 101801 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101801 Deli Tua tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas atau 32 orang 17 perempuan 15 laki-laki. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dan format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan afektif, psikomotor siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media elektronik yang dirancang atau didesain dengan baik dan terencana sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun datar di kelas V SDN 101801 Deli Tua tahun ajaran 2016/2017. Rata-rata tingkat pengetahuan awal siswa pada materi bangun datar sebelum diberikan tindakan siklus (prasiklus) sebesar 51.72 dengan ketuntasan 9.4%. Setelah tindakan siklus I,diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat tingkat penguasaan siswa pada pertemuan pertama sebesar 56.41 dengan persentase ketuntasan 25% dan pertemuan kedua sebesar 69.06 dengan presentase ketuntasan 50%. Setelah tindakan siklus II, diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat penguasaan siswa pada pertemuan pertama sebesar 70.12 dengan presentase ketuntasan 65.6% dan pada pertemuan kedua 81.72 dengan presentase ketuntasan 87.5%. dibandingkan siklus I, dengan presentase ketuntasan 87.5% atau terjadi peningkatan 87.5% dibandingkan siklus I. sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan media elektronik dalam proses pembelajaran matematika agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.