HUBUNGAN PEMBERIAN MOTIVASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika dikarenakan kurangnya pemberian motivasi orang tua membimbing anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar tingkat hubungan yang terjadi antara pemberian motivasi orang tua dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa yang berasal dari siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Variabel dalam penelitian ini ada dua, pemberian motivasi orang tua sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analsis data yang digunakan adalah rumus analisis Korelasi Product Moment dan uji Keberartian Korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian motivasi orang tua dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Ajaran 2016/2017, dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yaitu rhitung 0,595 sedangkan rtabel 0,413 sehingga rhitung > rtabel yang artinya kedua variabel memiliki hubungan yang positif, uji keberartian korelasi diperoleh thitung sebesar 3,556 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,714 sehingga thitung > ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian motivasi orang tua dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Ajaran 2016/2017” dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya motivasi yang diberikan orang tua.