Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi pembelajaran siswa kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXA yang berjumlah 35 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individual dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017, dari 35 siswa terdapat 6 siswa (17,14%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 29 siswa (82,86%) belum tuntas dalam melakukan passing bawah bola voli dengan nilai rata-rata 51,1. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran. Dari tes hasil belajar siklus I terdapat 21 siswa (60%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 69,7. Dari tes hasil belajar siklus II terdapat 30 siswa (85,72%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (14,28%) masih belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 83,2. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui variasi pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan proses hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas IX SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017