PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN MODIFIKASI ALAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA BHAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar smash bola voli melalui penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan yang berjumlah 20 orang diantaanya tediri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan smash bola voli masih rendah yaitu 5 siswa (25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran smash melalui penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 siswa (60%) yang telah mencapai ketuntasa belajar, sedangkan 8 siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata rata 74,12. Pada siklus II hasil belajar smash bola voli yaitu 17 siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 3 siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata rata 85,31. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata rata dari siklus I dan siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui peneapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar smash bola voli pada siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.