MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Round Cub pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Melawan Penjajah bagi siswa di kelas V SDN 101766 Bandar Setia. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 5 siswa (16,67%) dengan rata – rata nilai 50,33 dansebanyak 25 siswa (83,33%) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,33%) mendapat nilai tuntas dengan rata – rata nilai 69,83, dan sebanyak 11 siswa (36,67) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (86,67%) dengan rata – rata nilai 80,16 dan sebanyak 4 siswa (13,33%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 63,89% (cukup) dan mengalami peningkatan sebesar 26,38% pada saat siklus II menjadi 90,27%. Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh rata – rata nilai sebesar 51,34. Dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 76,72. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Club dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2016/2017.