MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERNAFASAN KELAS V SD NEGERI 101766 DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan pernafasan dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran. Nilai yang di dapat siswa saat pelajaran IPA sangat rendah, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih sering menggunakan model pemeblajaran ceramah, tanya jawab dan menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalaui model pembelajaran Take and Give di kelas V SD Negeri 101766 Deli serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian siklus I, motivasi belajar siswa dari hasil angket sebelum dilaksanakan siklus I diperoleh tingkat motivasi belajar siswa sebanyak 17 (56,66%) siswa dari 30 siswa memliki tingkat motivasi belajar dengan kategori rendah 5 (16,66%) siswa memiliki tingkat motivasi tinggi, 8 (26,66%) siswa memiliki tingkat motivasi sangat tinggi. Dan setelah dilaksanakan siklus I dengan menggunakan dua kali pertemuan diperoleh hasil observasi dengan persentase rata-rata sebesar 48,63% dengan kategori motivasi tergolong rendah. Pada hasil siklus II dengan menggunakan dua kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata yaitu 75,97% dan tergolong termotivasi atau tingkat motivasi siswa tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.