PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 48,28 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 44,53. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,08 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,962 < ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 71,41 dan kelas kontrol = 62,50. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,835 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017.