ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru PPKn pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri Se- Kecamatan Percut Sei Tuan. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP N Se Kecamatan Percut Sei Tuan yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu sebanyak 5 (lima) sekolah dengan subyek penelitian sebanyak 6 orang guru PPKn. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas kompetensi guru PPKn dalam melakukan proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan masih kurang karena standar kompetensi yang menjadi objek penelitian yaitu kompetensi pedagogik belum sepenuhnya tercapai, karena masih ada guru PPKn belum mampu menguasai kompetensi pedagogik dengan baik ditandai dengan kurangnya pemahaman guru PPKn terhadap aspek-aspek di dalam kompetensi pedagogik, yaitu aspek perancangan dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik serta evaluasi pembelajaran. Adapun kesulitan yang dialami guru PPKn di SMP tersebut adalah dalam hal mengaplikasikan media pembelajaran berupa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di samping itu fasilitas sekolah juga belum memadai, padahal dalam kompetensi pedagogik mengharuskan setiap guru dapat mengoperasikan komputer, dan layar proyektor (infokus) guna menunjang keberhasilan pembelajaran