Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 150 orang. Metode pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling (cuplikan sengaja) yakni kelas X4 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas NHT dan kelas X1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas NHT adalah 38,37 dengan standar deviasi 8,84 dan nilai rata-rata pretes kelas konvensional adalah 37,56 dengan standar deviasi 8,31. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian setelah diberikan perlakuan, yaitu melalui model pembelajaran yang berbeda diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas NHT adalah 77,20 dengan standar deviasi 8,17 dan hasil rata-rata kelas konvensional adalah 72,5 dengan standar devias 9,81. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,51 dan ttabel = 1,995 pada taraf α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (2,51 > 0,1995) maka Hα diterima yakni ada perbedaan yang nyata secara statistik pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT dengan model konvensional pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2016/2017.