PENGARUH MEDIA SILENT FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Silent Film terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2107. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 185 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37 orang . Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Dan diperoleh sampel yaitu kelas XI IA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI IA 2 sebagai kelas Kontrol . Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian Two-Group Post-test Only Design yang hanya dilakukkan pada dua kelas. Dari pengelolahan data, diperoleh nilai tertinggi kemampuan dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media Silent Film adalah 90 dan nilai terendah 65. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan media Silent Film adalah sebesar 77 dengan kategori baik dengan simpangan baku 74. Nilai tertinggi kemampuan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media film 80 dan nilai terendah adalah 55. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama 68 dengan kategori cukup dan simpangan baku sebesar 7,67 Adapun perbedaan hasil belajar menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media Silent Film dan tanpa menggunakan media film dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama. Hasil peningkatan menulis naskah drama satu babak dengan media Silent Film lebih baik dibandingkan dengan hasil peningkatan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media film.