PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI DASAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kompetensi dasar alat ukur elektrik dan elektronik pada siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yaitu pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X teknik kendaraan ringan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Dasar Alat Ukur Siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis. Tahun Ajaran 2016/2017.