EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional, hasil belajar fisika yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata dan kemampuan berpikir logis di bawah rata-rata serta interaksi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar fisika. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pretes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan tes kemampuan berpikir logis yang berbentuk pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada pembelajaran konvensional, hasil belajar fisika yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata dan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar fisika.