Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 SMK kelas XI semester 2 pada materi larutan asam dan basa berdasarkan standard isi yang telah ditetapkan oleh pakar dan tim ahli, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia materi larutan asam dan basa yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 dibandingkan dengan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia menggunakan program Macromedia Flash yang telah beredar di internet pada materi yang sama, dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri se-Kab. Deli Serdang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 73 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran kimia materi larutan asam dan basa yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 telah dikatakan sangat layak untuk diimplementasikan berdasarkan hasil kelayakan standarisasi isi yang telah ditetapkan oleh pakar dan tim ahli dengan nilai rata-rata 4,5 pada kelayakan tampilan, 4,8 pada kelayakan keterkaitan dengan materi dan 4,3 pada kelayakan pemograman (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 dibandingkan dengan media pembelajaran kimia yang menggunakan program Macromedia Flash yang telah beredar di internet pada pokok bahasan yang sama, dengan nilai (Sig < α) dan (thitung > t tabel) yaitu (0,001 < 0,05) dan (3,643 > 2,00) (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar, dengan (Sig < α) yaitu (0,000 < 0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 91,5%.