PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA DR WAHIDIN SUDIROHUSODO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung; (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah; (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Swasta Dr Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dan angket kecerdasan visual-spasial. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Picture and Picture dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan strategi pembelajaran Langsung dengan Fhitung ˃ Ftabel (7,20 ˃ 3,12); (2) terhadap perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah dengan Fhitung ˃ Ftabel (477,40 ˃ 3,12); dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung ˃ Ftabel (6,16 ˃ 3,12). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kecerdasan visual-spasial siswa dalam pembelajaran matematika di kelas.