Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) terhadap: (1) hasil belajar biologi, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA-2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol), kelas X IPA-3 dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL), X IPA-4 dibelajarkan dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan uji Tukey’s dengan bantuan SPSS ver 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi (P= 0,025). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (81,46 ± 6,59) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (81,43 ± 10,14) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (65,43 ± 7,10). (2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (P= 0,000). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (76,17 ± 6,46) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (78,82 ± 6,48) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (59,55 ± 9,54). (3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap sikap peduli lingkungan (P= 0,000). Sikap peduli lingkungan siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (92,88 ± 5,94) tidak berbeda dibandingkan model project based learning (90,40 ± 7,09) dan berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional (71,23 ± 6,86). Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi, kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa.