PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA, SUMATERA UTARA

Main Author: Baharuddin,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FKIP Universitas Lambung Mangkurat , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23822/1/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23822/
http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2698
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dan Model pembelajaran Expositori terhadap hasil belajar konsep elektronika digital Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Eksperimen yang mana menberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelompok penelitian . Penelitian ini dilakukan pada Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tanjung Pura pada Tahun ajaran 2015/2016 subjek penelitian ini terbagi atas dua kelas dan di ambil secara acak, Kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Kelas X TKJ 2 sebagai kelas control yang diajarkan dengan Model pembelajaran Ekspositori. Data dikumpul dengan menggunakan test.Metode statistic dengan diskribtif dan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor penerapan model Mind Mapping 13,03 lebih tinggi bila dibandingkan dengan skor rata-rata Model Pembelajaran Ekspositori 11,06 . Hasil uji Hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung > t tabel yaitu 3,078 > 1,672