PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 39 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test dan post test pada kelas eksperimen adalah 43,87 dan 84,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 43,69 dan 75,59. Selanjutnya untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistik-t, dari perhitungan diperoleh nilai thitung dan ttabel pada taraf α = 0.05 dan ternyata thitung 5,1415 > ttabel 1,995 Berarti thitung lebih besar daripada ttabel. Dengan kata lain, Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan Demikian dapat Disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.