PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Authors: Dewi, Lia Gusparina, Fatisa, Yuni
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23805/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23805/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar siswa. Siswa kurang berani bertanya dan memberi tanggapan serta kurangnya minat siswa untuk mendiskusikan apa yang sedang dipelajari. Penelitian ini telah dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar siswa.Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jumlah sampel dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang dilakukan pada bulan April-Mei 2014. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi kepada siswa pada setiap pertemuan. Data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,19 pada tahap signifikan α 5% diperoleh ttabel = 2,00. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap aktivitas belajar siswa. Selanjutnya untuk mengetahui besar pengaruh strategi the power of two terhadap aktvitas belajar siswa diketahui dari peningkatan koefisien pengaruh (KP) dan diperoleh persentase pengaruh sebesar 11,40%.