PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purpose Sample yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 19 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan model Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Menginterpretasikan gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Bandung 2 Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,552 > 2,0273 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan.