PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI PELAJARAN MINYAK BUMI DI SMU ADVENT PURWODADI
Main Authors: | Pesik, Winny Reveline, Iskandar, Srini M |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23764/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23764/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan lain yang nampak selain rendahnya nilai hasil UAN, khusus untuk ilmu-ilmu murni termasuk ilmu kimia adalah rendahnya minat siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap ilmu kimia maka salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Sains Teknologi Masyarakat (STM).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap siswa terhadap ilmu kimia oleh penerapan strategi pembelajaran berbasis STM dengan topik minyak bumi.Subyek penelitian adalah siswa kelas I SMU Advent Purwodadi yang berjumlah 123 orang yang terbagi dalam empat (4) kelas yang telah diatur oleh Sekolah berdasarkan Nilai Ujian Nasional. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen kuasi, po la The Non Equivalent Control Design dan teknik angket.Data yang dikumpulkan adalah data hasil tes sikap dalam bentuk angket pada awal (sebelum) pembelajaran dan pada akhir (sesudah) pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 75% siswa memiliki sikap positif terhadap ilmu kimia, yang berarti bahwa dengan diterapkannya strategi pembelajaran berbasis STM dapat membuat siswa senang belajar kimia.