EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA
Main Authors: | Sibarani, Tiara Dewi, Hasibuan, Dina Ananda, Nurhalimah, , Yusuf, Nurmala, Silaban, Ramlan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23762/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23762/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Medan TA 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 11 Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel adalah populasi sebanyak 80 orang, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, diberi perlakuan yang berbeda, yakni pengajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan tanpa menggunakan pendekatan saintifik pada media dan pokok bahasan yang sama. Instrumen tes digunakan setelah lebih dulu diujicobakan, dan hasil ujicoba diperoleh 20 butir soal. Validitas soal dihitung dengan korelasi product moment, dan reliabilitas soal dihitung dengan KR 20, diperoleh hasil 0,886. Rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,11 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 76,11. Data gain skor (selisih pretes dan postes) diperoleh rata- rata kelas eksperimen 0,82 sedangkan rata-rata kelas kontrol 0,65. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t (satu pihak). Hasil perhitungan diperoleh bahwa bahwa thitung 7,20 ≥ ttabel 1,9994 pada taraf alpa 0,05 (5%) dk = 70. Uji hipotesa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari hasil belajar kimia yang dibelajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik.