PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Authors: Daulay, Sapnita Idamarna, Sutiani, Ani
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23758/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23758/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achivements Division) dengan NHT (Number Head Together)Pada Materi PokokKoloid. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen I diberi perlakuan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT sedangkan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil belajar siswa dihitung dari rata-rata nilai Post-Test siswa, pada kelas eksperimen I sebesar 77,86 sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 68,61. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan kriteria thitung> ttabel dan diperoleh thitung = 3,76 sedangkan ttabel = 1,68 untuk α = 0.05 dan db = 37. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.