IMPLEMENTASI BAHAN AJAR INOVATIF KIMIA LARUTAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER
Main Authors: | Efendi, Salim, Silaban, Ramlan, Jahro, Iis Siti |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23757/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan dengan Problem Based Learning berdasarkan kurikulum 2013 berstandar BNSP terhadap tumbuhkembang karakter dan hasil belajar siswa SMA/MA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II SMA Negeri 3 Medan diambil sebanyak 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan Bahan ajar kimia larutan hasil pengembangan dan tanpa Bahan ajar kimia larutan hasil pengembangan Teknik analisa data menggunakan uji –t. Hasil yang diperoleh: (1) Terdapat perbedaan dignifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 memberikan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMA/MA Kelas XI semester II dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. (2) Terdapat perbedaan signifikan perkembangan karakter siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang diajarkan dengan implementasi bahan ajar kimia larutan yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 dapat menumbuhkembangkan karakter siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang lebih baik dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 (3) Terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan bahan ajar kimia larutan.