PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 TAMBANG

Main Authors: Armelizha, Rizki, Baidhawi, Muhammmad, Rery, R. Usman, Susilawaty,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23754/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23754/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dari lima kelas sebagai populasi dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,77>1,67 artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang, dengan pengaruh peningkatan sebesar 11,64%.