EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC
Main Authors: | Sitorus, Nurhalimah, Dewi, Tiara, Yusuf, Nurmala, Hasibuan, Dina Ananda, Silaban, Ramlan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23743/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23743/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan eksperimen sungguhan dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposif yakni kelas eksperimen I (pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific) dan kelas eksperimen II (pembelajaran tanpa menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific). Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 82,78 dan rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 76,11. Uji hipotesis diperoleh thitung = 4,417 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0.05 dan dk = 70. Dengan demikian thitung > ttabel. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific.