PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HASIL KALI KELARUTAN
Main Authors: | Sari, Lia Nova, Hutahaean, Fretty Nafratilova, Siburian, Fridawati |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23740/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23740/ |
Daftar Isi:
- Penguasaan konsep matematika yang baik merupakan prasyarat untuk dapat memahami beberapa konsep pembelajaran kimia. Pemanfaatan media pembelajaran khususnya animasi dan power point dapat mendukung pemahaman siswa. Macromedia Flash merupakan salah satu software aplikasi design grafis yang sangat populer untuk membuat aplikasi animasi dengan efek yang menarik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kemampuan matematika, pengaruh jenis media, dan pengaruh interaksi antara kemampuan matematika dan jenis media terhadap hasil belajar kimia dengan rancangan faktorial 2 x 2. Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan rataan belajar siswa dengan menggunakan media animasi/powerpoint dengan kemampuan matematika yang berbeda. Sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan pada topik tertentu agar diperoleh hasil yang lebih baik.