PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG
Main Authors: | Wulandari, Lestari, Susilawati, , Abdullah, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23736/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23736/ |
Daftar Isi:
- Penelitian penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here telah dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest. Sampel terdiri dari kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol yang telah dipilih secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sedangkan kelas kontrol tidak diberi penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here. Teknik analisis data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel (2,79>1,68) yang artinya penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Besar rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) prestasi belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi.