PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA

Main Authors: Hasibuan, Dina Ananda, Sibarani, Tiara Dewi, Yusuf, Nurmala, Sitorus, Nurhalimah, Silaban, Ramlan
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23722/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan bermediakan Macromedia Flash dan tanpa pendekatan dengan bermediakan Macromedia Flash pada materi Hidrolisis Garam dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran tanpa pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,905. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,992> 1,678 pada peningkatan hasil belajar siswa.