PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL
Main Authors: | Hasibuan, Desy Rahmayanti, Jasmidi, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23720/ |
ctrlnum |
23720 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23720/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL</title><creator>Hasibuan, Desy Rahmayanti</creator><creator>Jasmidi, </creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media crossword puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu dan mengetahui seberapa besar kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran koperasi STAD melalui crossword puzzle dan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan crossword puzzle, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar
0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ±
6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.</description><date>2016-05</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Hasibuan, Desy Rahmayanti and Jasmidi, (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23720</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hasibuan, Desy Rahmayanti Jasmidi, |
title |
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL |
publishDate |
2016 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) LB1603 Secondary Education. High schools QD Chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23720/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media crossword puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu dan mengetahui seberapa besar kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran koperasi STAD melalui crossword puzzle dan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan crossword puzzle, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar
0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ±
6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%. |
id |
IOS3150.23720 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:49Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033433014829056 |
score |
17.538404 |