PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL

Main Authors: Hasibuan, Desy Rahmayanti, Jasmidi,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23720/
ctrlnum 23720
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23720/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL</title><creator>Hasibuan, Desy Rahmayanti</creator><creator>Jasmidi, </creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar&#xD; dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media crossword puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu dan mengetahui seberapa besar kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran koperasi STAD melalui crossword puzzle dan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan crossword puzzle, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 &#xB1; 7,73 dan posttes 78,00 &#xB1; 5,75 dengan rata-rata gain sebesar&#xD; 0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 &#xB1; 8,19 dan posttest 66,20 &#xB1;&#xD; 6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan &#x3B1; = 0,05, sehingga t hitung &gt; t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.</description><date>2016-05</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Hasibuan, Desy Rahmayanti and Jasmidi, (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23720</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasibuan, Desy Rahmayanti
Jasmidi,
title PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL
publishDate 2016
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/23720/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23720/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media crossword puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu dan mengetahui seberapa besar kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran koperasi STAD melalui crossword puzzle dan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan crossword puzzle, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar 0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ± 6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.
id IOS3150.23720
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:49Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:49Z
recordtype dc
_version_ 1766033433014829056
score 17.538404