IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Main Author: Sudrajat, Ajat
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23711/
ctrlnum 23711
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23711/</relation><title>IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER&#xD; SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI</title><creator>Sudrajat, Ajat</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LC251 Moral education. Character building</subject><subject>QD450 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif berbasis masalah (cooperative problem based learning model) dalam pelajaran kimia SMA/MA yaitu materi stoikiometri. Selain itu bertujuan untuk mengetahui tumbuhkembangnya karakter siswa selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di Madrasyah Aliyah di Kota Medan. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 46 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari hasil tes dengan menggunakan instrumen tes yang telah terstandar. Tumbuhkembangnya karakter siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi berupa rubrik. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang mengimplementasikan model cooperative problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 77,40%. Implementasi model cooperative problem based learning dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa yang meliputi karakter komunikatif sebesar 76,59%, karakter kreativitas sebesar 72,82%, karakter rasa ingin tahu sebesar 75,43%, karakter tanggung jawab sebesar 75,86%, dan karakter toleransi sebesar 75,28% .</description><date>2016-05-30</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Sudrajat, Ajat (2016) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23711</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sudrajat, Ajat
title IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI
publishDate 2016
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LC251 Moral education. Character building
QD450 Physical and theoretical chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23711/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif berbasis masalah (cooperative problem based learning model) dalam pelajaran kimia SMA/MA yaitu materi stoikiometri. Selain itu bertujuan untuk mengetahui tumbuhkembangnya karakter siswa selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di Madrasyah Aliyah di Kota Medan. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 46 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari hasil tes dengan menggunakan instrumen tes yang telah terstandar. Tumbuhkembangnya karakter siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi berupa rubrik. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang mengimplementasikan model cooperative problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 77,40%. Implementasi model cooperative problem based learning dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa yang meliputi karakter komunikatif sebesar 76,59%, karakter kreativitas sebesar 72,82%, karakter rasa ingin tahu sebesar 75,43%, karakter tanggung jawab sebesar 75,86%, dan karakter toleransi sebesar 75,28% .
id IOS3150.23711
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:47Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:47Z
recordtype dc
_version_ 1766033432986517504
score 17.538404