IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI
Main Author: | Sudrajat, Ajat |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23711/ |
ctrlnum |
23711 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23711/</relation><title>IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER
SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI</title><creator>Sudrajat, Ajat</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LC251 Moral education. Character building</subject><subject>QD450 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif berbasis masalah (cooperative problem based learning model) dalam pelajaran kimia SMA/MA yaitu materi stoikiometri. Selain itu bertujuan untuk mengetahui tumbuhkembangnya karakter siswa selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di Madrasyah Aliyah di Kota Medan. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 46 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari hasil tes dengan menggunakan instrumen tes yang telah terstandar. Tumbuhkembangnya karakter siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi berupa rubrik. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang mengimplementasikan model cooperative problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 77,40%. Implementasi model cooperative problem based learning dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa yang meliputi karakter komunikatif sebesar 76,59%, karakter kreativitas sebesar 72,82%, karakter rasa ingin tahu sebesar 75,43%, karakter tanggung jawab sebesar 75,86%, dan karakter toleransi sebesar 75,28% .</description><date>2016-05-30</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Sudrajat, Ajat (2016) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23711</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sudrajat, Ajat |
title |
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER
SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI |
publishDate |
2016 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) LC251 Moral education. Character building QD450 Physical and theoretical chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23711/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23711/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif berbasis masalah (cooperative problem based learning model) dalam pelajaran kimia SMA/MA yaitu materi stoikiometri. Selain itu bertujuan untuk mengetahui tumbuhkembangnya karakter siswa selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di Madrasyah Aliyah di Kota Medan. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 46 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari hasil tes dengan menggunakan instrumen tes yang telah terstandar. Tumbuhkembangnya karakter siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi berupa rubrik. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang mengimplementasikan model cooperative problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 77,40%. Implementasi model cooperative problem based learning dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa yang meliputi karakter komunikatif sebesar 76,59%, karakter kreativitas sebesar 72,82%, karakter rasa ingin tahu sebesar 75,43%, karakter tanggung jawab sebesar 75,86%, dan karakter toleransi sebesar 75,28% . |
id |
IOS3150.23711 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:47Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033432986517504 |
score |
17.538404 |