Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan media Powerpoint lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan model Konvensional pada materi Ikatan Kimia dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan media Powerpoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Amir Hamah Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,823. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 31,11 dan nilai rata-rata posttest 85,28 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,22 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,25. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 79% dan 65%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen χ2 hitung<χ2 tabel yakni 8,68 <11,07 dan Gain kelas kontrol χ2 hitung<χ2 tabel yakni 9,35 <11,07 maka kedua data Gain eksperimen dan kontrol berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung<Ftabel yakni 1,33 <1,76 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 7,107 > 1,669 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan model Konvensional dan aspek kognitif yang paling berkembang melalui pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint adalah C2 (pemahaman) 81%.