Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran mengungkapkan teks bacaan melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan (Pared Storytelling) dan teknik pembelajaran ekspositori oleh siswa kelas XI SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Persiapan Stabat yang berjumlah 240. dari populasi ditetapkan sampel sebnyak 80 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument tes kemampuan mengungkapkan teks bacaan melalui kegiatan bercerita. Tes ini diujikan sebanyak 1 (satu) kali. Penelitian ini bersifat komperatif, maka harga skor variable X dan variable Y diperbandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik uji “t”. nilai rata-rata kelas eksperimen 82,62, sedangkan kelas kontrol adalah 72,87. Berdasarkan penghitungan ujhi “t” diperoleh nilai to = 6,17 kemudian dikonsultasikan dengan table pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk = (N1-N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 1,99<6,17>2,64. Sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal in berarti teknik pembelajaran bercerita berapasangan lebih efektif disbanding teknik pembelajaran ekspositori terhadapa mengungkapkan teks bacaan melalui kegiatan bercerita berpasangan