HUBUNGAN PENGUASAAN EYD DENGAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA MAMIYAI AL-ITTIHADIYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan EYD dengan kemampuan menyunting wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 160 orang. Dari keseluruhan populasi, sampel yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi korelasi. Data penguasaan EYD dan kemampuan menyunting wacana argumentasi siswa dijaring yang masing-masing menggunakan objektif tes sebanyak 20 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dn uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment pada taraf 5% signifikan menunjukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0,320 < 0,63 > 0,413, yang bermakna bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara penguasaan EYD dengan kemampuan menyunting wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelejaran 2011/2012.