Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik Sajian Poster terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar tahun pembelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar sebanyak 400 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang dari dua kelas, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui efektif tidaknya teknik yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan yaitu menulis cerita pendek. Hasil belajar dengan menggunakan teknik Sajian Poster berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 70,8. Jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan teknik ekspositori, nilai rata-ratanya 60,48 dan dalam kategori cukup. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji ”t”. Selanjutnya, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 3,0 dan ttabel pada taraf signifikan 5 %: ts = 1,992 dan pada taraf signifikan 1%: ts = 2,608, dengan db = 80-2 = 78, dipergunakan db yang paling dekat dengan 78. Hipotesis lebih efektif apabila ts<to>ts yaitu 1,992<3,0>2,608, atau hipotesis diterima yang menyatakan teknik Sajian Poster lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar