KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I l KUALUH HULU LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami perubahan makna kata dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknik pembelajaran untuk meningkatkan mutu belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Teknik Pembelajaran Mencari Pasangan terhadap kemampuan memahami perubahan makna kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Post-test Only Desain Group. Populasi dalam penelitian berjumlah 201 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 32 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas. 32 orang di kelas eksperimen dan 32 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% atau 1% dengan df=(N1+N2)-2 = (32+32)-2 = 62. Pada tabel t dengan df=62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% =2,65, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00<7,70>2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik pembelajaran mencari pasangan lebih efektif dibandingkan pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik Jigsaw oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2010/2011.