Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Rias pada mata pelajaran Perawatan Kulit Wajah Tidak Bermasalah yang dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin pada Tahun Ajaran 2016/2017.Populasi Penelitian adalah seluruh kelas X tata rias di SMK Negeri 1 Beringin yang berjumlah 64 orang siswa. Terdiri dari kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 45 butir soal dimana jawaban yang benar diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.Setelah data dianalisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 32 orang siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional menunjukkan rata-rata hasil yaitu sebesar 31,22. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS yaitu 35,19. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar perawatan kulit wajah tidak bermasalah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,143 < 0,157) dan kedua varians data adalah homogen Fhitung < F tabel ( 1,017 < 1,82) . Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik jika dibandingkan model pembelajaran konvensional dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 2,75 > 1,67 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Perawatan Kulit Wajah Tidak Bermasalah Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin Tahun Pembelajaran 2016/2017.