Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kreativitas siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharedi kelas IX SMP N.1 Siempat Nempu tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom actionresearch). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX 3 SMP N.1 Simpat nempu, dairi pada semester ganjil tahun jaran 2016/2017 . subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 3 SMP N 1 SIMPAT nempu,yang berjumlah 28 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IX 3 SMP N 1 Siempat Nempu tahun ajaran 2016/2017 Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung saat dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, danlembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar dan kreativitas siswa pada saat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,5 sudah berada pada kategori baik dan pada siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,11 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi kreativitas juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I yaitu 1.46 berada pada kategori sangat buruk dan pada siklus II menjadi 2,88 sudah berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan awal persentase ketuntasan hanya 20%(4 orang siswa) dengan rata-rata 50,4, pada siklus I meningkat menjadi 64 %(18 orang siswa) dengan rata-rata 65.7 dan pada siklus II menjadi 89%(25 orang siswa) dengan nilai rata-ata 86,7 dan sudah memenuhhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu ( ). Dari hasil tes penelitiantersebut diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) dapat meningkatkan kreativitas siswa.