PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI FORMAT SWF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Format SWF dengan tanpa media pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Mesin Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 2 Percut Sei tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan Kelas X TKR1 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 20 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Media Video Animasi Format SWF, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan media. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Media Video Animasi Format SWF dengan tanpa media pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Mesin Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 2 Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,43 > 2,026 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi format SWF terhadap hasil belajar memahami dasar-dasar mesin siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta Bandung 2 percut sei tuan tahun ajaran 2016/2017.