PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP PLUS DARUL ILMI MURNI DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint dengan yang tidak menggunakan PowerPoint pada siswa di SMP Swasta Darul Ilmi Medan. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar PAI perbedaan antara siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah pada siswa SMP Swasta Darul Ilmi Medan. (3)Mengetahui interaksi antara penggunaan media pembelajaran (PowerPoint) dan tingkat kemandirian belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Swasta Darul Ilmi Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMP Plus Swasta Darul Ilmi Murni terhadap hasil belajar PAI siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan kemandirian belajar siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 33 untuk eksperimen dan 35 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar PAI siswa di SMP Plus Swasta Darul Ilmi Murni yang diajar dengan media pembelajaran PowerPoint lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran power point (konvensional),pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,49 dan Ftabel = 4,00, jadiFhitung> Ftabel = 6,49 >4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar PAI antara kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 28,15 dan Ftabel = 4,00jadi Fhitung> Ftabel = 28,15 >4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar PAI siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,94dan A1B2 = 78,59 sedangkan A2B1 = 83,06 dan A2B2 = 79,65. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,52 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh(8,52) > Ft(4,00), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian semakin baik media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan diklat PAI, maka semakin tinggi hasil belajar PAI siswa, atau semakin tinggi kemandirian belajar siswa dengan media pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Akan tetapi pengaruh media pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa dibandingkan dengan kemandirian belajar siswa.