Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Intraction) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik “Generasi Biru” karya Toha Nasrudin oleh siswa kelas X SMA Negeri I TG Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Intraction) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik “Generasi Biru” karya Toha Nasrudin oleh siswa kelas X SMA Negeri I TG Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I TG Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 3 (tiga) kelas yang berjumlah 120 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X.1 (kelas Eksperimen) dan kelas X.2 (kelas Kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik “Generasi Biru” karya Toha Nasrudin. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 40 dan kelas kontrol adalah 39,88. Setelah dilakukan perlakuan maka hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik “Generasi Biru” karya Toha Nasrudin kelas eksperimen meningkat dimana nilai rata-rata postest kelas eksperimen 75,5 dan kelas kontrol 56,13. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 31,47 sedangkan untuk α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Intraction) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik “Generasi Biru” karya Toha Nasrudin oleh siswa kelas X SMA Negeri I TG Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010.